Knowledge Management

Kisi-Kisi UTS KM ( Binus th 2010 )
Untuk Kisi2 UAS http://www.mediafire.com/?02w7sxkywn74inf


Knowledge!
knowlege merupakan data yg telah diolah menjadi informasi, lalu telah diterapkan sehingga menjadi panduan dalam pekerjaan/tugas.
contoh Knowledge!
salah satu contoh knowledge adalah Knowledge yang dibangun oleh APTEKINDO mereka membangun sebuah web based knowledge portal yang digunakan untuk individu-individu dari institusi anggota APTEKINDO agar diantara mereka bisa saling bertukar informasi.

Knowledge Economy!
knowlegde yang mengacu dalam bidang produksi penjualan ataupun ilmu pengetahuan tentang economy lainnya.
Knowledge Society!
knowledge yang mengacu dalam bidang sosial masyarakat, ilmu knowledge ini diterapkan dalam sosiologi atau ilmu yang mengacu di bidang tata santun/ krama dalam bermasyarakat.

Knowledge itu merupakan Peluang atau Ancaman dalam bisnis? Jelaskan!
Knowledge bisa merupakan peluang apabila di manfaatkan dengan baik, pengembangan teknologi yg semakin maju dengan adanya knowledge.
knowledge juga bisa merupakan ancaman bila tidak di gunakan dengan benar, seseorang yg memiliki knowledge yg tidak di manfaatkan secara benar, maka dia akan merugikan orang2.

batasan Knowledge!
Batasan knowledge itu adalah suatu keadaan dimana seseorang itu sudah tak bisa lagi memiliki knowledge yang lain...
Karena manusia tidak mungkin meimiliki knowledge yang tidak terbatas...
Pada contohnya, tidak mungkin ada seseorang yang dapat menghafal seluruh isi 1 buku telepon yang besar...

Knowledge Management!
Knowledge Management (KM) adalah sebuah konsep yang relatif baru yang bergerak di atas infrastruktur teknologi informasi (Internet & Intranet) yang ada. Sangat berbeda dengan dengan konsep e-commerce yang hari-hari ini sedang booming dan banyak di minati oleh orang banyak.

manfaat Knowledge Management!
- Dapat memberikan informasi secara benar kepada orang yang tepat.
- Dapat mengembalikan intelegensi dan pengalaman manusia
- Dapat mendistribusikan inlegensi manusia.

Intellectual Capital
Modal intelektual adalah suatu istilah yang memiliki berbagai definisi dalam teori-teori ekonomi yang berbeda. Karenanya, satu-satunya definisinya yang paling netral adalah suatu debat mengenai "aktiva tak berwujud" (intangibles) dalam ekonomi dan asumsi modal yang menciptakan kekayaan intelektual. Jenis modal ini jarang atau tak pernah muncul dalam praktik akuntansi.

hubungan antara Knowledge dengan Inovasi!
Proses inovasi banyak bergantung pada pengetahuan, terutama karena knowledge merepresentasikan suatu bidang (realm) jauh lebih dalam dari pada data, informasi dan logika konvensional; oleh karenanya, kekuatan knowledge terletak pada subjektivitasnya, yang mendasari value dan asumsi yang menjadi pondasi bagi proses.

Data  adalah kumpulan beberapa fakta yang blm diolah kembali
Contoh data, penjualan pada bulan januari sebesar 30 milyar.
Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.
Implicit Kndowledge merupakan pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu tetapi tidak dapat dijelaskan secara eksplisit ( dokumentasi ).  Contoh: tidak mau memberikan pengetahuan kepada orang lain.
Explicit, segala pengetahuan dalam bentuk dokumentasi.

Knowledge worker adalah orang-orang yang memilki kompetensi tinggi, dinamis, dan memiliki daya yang tinggi untuk mempelajari dan memahami isu-isu baru serta menciptakan peluang yang positif pada setiap situasi baru.
hubungan antara downzing dan knowledge adalah...keadaan dapat dikatakan downzing dalam suatu perusahaan ketika dimana knowledge yg ada atau yg telah diterapkan tidak lagi dapat membantu dan mengatur kinerja ny dengan baik...maka untuk mengantisipasi downzing knowledge itu sendiri harus terus diupayakan berkembang
.
Sebutkan kesulitan2 dalam memformulasikan Knowledge Goals!
- Kegaggalan penerapan budaya kepemimpinan yang lama dan diterapkan pada organisasi yang baru
- Seorang pemimpin yang lemah dan tidak siap untuk memimpin suatu perubahan.
- Kurangnya minat dari sponsor sebagai akibat dari manajemen yang semakin buruk
- Tidak adanya perubahan dalam memanajemenkan suatu perusahaan sehingga tidak dapat ditiru dan diadopsi oleh bidang lainnya.
- Penerapan dari Knowledge yang saling bertentangan dengan manajemen yang diterapkan

hubungan Research & Development (R&D) dengan Knowledge!
KM bisa membantu divisi R&D ( research and development ) untuk meningkatkan inovasi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menfasilitasi KM yang ada.
mengapa perusahaan membutuhkan Knowledge Management (KM)!
Knowledge Management  untuk mengatur dan memanagement ilmu pengetahuan secara luas tanpa batas, artinya bahwa setiap ilmu pengetahuan yang ada di perusahaan  diperlukan adanya KM ini,agar apabila terjadi perubahan didalam perusahaan maka tidak akan putus knowledge yg sudah ada tersebut.

Sebutkan hal2 yang perlu diperhatikan dalam mengelola Knowledge!
1.pola pikir
2.keanekaragaman
3,kepercayaan dan perlindungan
4.saling mendukung
knowledge is power . . . "setuju", karna tanpa adanya knowledge kita akan berdiri ditempat yang sama tanpa mengetahui arah tujuan hidup seperti pada perusahaan, tanpa adanya knowledge, sebuah perusahaan akan berdiri ditempat tidak berjalan maju hanya menunggu kematian perusahaan tersebut karena tidak bisa bersaing dengan yang lain.

Knowledge cannot be managed-nobody can? Knowledge can be created, discovered, captured, shared, etc. Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!
kurang setuju. knowledge memang bisa di "create", "discovere", "capture", "share", dan lainnya namun knowledge juga bisa di "manage" sedemikian rupa dengan berbagai media knowledge jaman sekarang.

Jelaskan macam2 tipe proses pembelajaran!
  • Activists - belajar dengan mencoba.
  • Reflectors - belajar dengan melihat orang lain melakukan.
  • Theorists – memahami teori dan mempunyai pemahaman yang jelas sebelum melakukan
  • Pragmatists – memahami beberapa teknik-teknik praktis dari seseorang yang berpengalaman sebelum melakukan

Berikut ini merupakan manfaat knowledge bagi para individu :
- membantu individu dalam menambah wawasan
- Membantu setiap orang untuk tetap tahu informasi secara cepat, akurat.
- membantu individu untuk menyelesaikan tugasnya
- dapat berpikir secara kreatif
- mendapatkan pengetahuan lebih
- Membantu orang yang tidak tahu menjadi tahu dalam pengerjaan tugas 

Menurut pendapat Anda, apakah Developing Knowledge bisa menciptakan New Expertise? Jelaskan!
Dgn  pengembangan suatu pengetahuan ide ide apapun bisa terlihat jika kita menggalinya lebih dalam sehingga keahlian (expertise) sebelumnya yang dianggap monoton bisa tergantikan dengan keahlian baru (new expertise) yang lebih kreatif dan inovatif.

knowledge identification adalah mengidentifikasi pengetahuan yang ada di lingkungan suatu oraganisasi.
knowledge Acquisition itu sendiri adalah seorang yang mengumpulkan berbagai macam pengetahuan untuk dibuat kedalam satu program dari berbagai media dari buku, internet atau koran.
 Knowledge development adalah pengetahuan yang berkembang terus menerus sehingga akan menghasilkan pengetahuan-pengetahuan yang baru yang pastinya jauh lebih baik daripada sebelumnya.
Knowledge Sharing merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk saling berbagi pengetahuan antara anggota 1 dengan anggota lainnya.
knowledge utilization adalah keseluruhan poin dari knowledge management adalah untuk meyakinkan bahwa pengetahuan yang ada di dalam organisasi diterapkan se-produktif mungkin untuk keuntungan organisasi.
Knowledge Rentention itu adalah memastikan bahwa knowledge yang sudah dimiliki tidak hilang dan tetap ada digunakan dalam perusahaan. Sehingga sebuah knowledge management akan tetap berjalan apabila knowledge yang dimiliki tetap berada di dalam organisasi sehingga perlu untuk mempertahankannya.

Learning ORganization dilakukan bukan oleh sebagian dari anggota organisasi atau hanya untuk level pimpinan perusahaan, akan tetapi harus dilakukan oleh seluruh angota dan semua lapisan karyawan, dengan tentu saja sesuai porsi tugas dan tanggung jawab masing-masing. Adanya pembelajaran bersama ini tentu saja menjadikan akselerasi percepatan proses pembelajaran dan pengembangan.

1. Pengertian Data, Informasi dan Pengetahuan + Contoh
2. Jenis2 Knowledge
3. Kesulitan dalam mentransfer Knowledge
4. Organization Learning

Jawaban :
1. Data adalah catatan atas kumpulan beberapa fakta
Informasi adalah data yang telah diolah
Pengetahuan = keseluruhan aspek kognitif dan kemampuan yg dimiliki oleh individu dalam menyelesaikan suatu masalah

2. Tacit Knowledge = Model mental, pandangan dan pekerjaan yang tidak mudah untuk dibagikan dan dijelaskan
Explicit Knowledge = Ilmu pengetahuan yang formal, sistematis dan mudah untuk dibagikan dan dijelaskan
Potential Knowledge = Ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menganalisis dan mentransformasikan data menjadi pengetahuan

3. Kurangnya kepercayaan
Adanya perbedaan kebudayaan
Kurangnya waktu dan tempat bertemu
Status dan penghargaan cenderung tertuju kepada pemilik bisnis
Kurangnya kapasitas resap dari si penerima
Tidak adanya toleransi jika ada kesalahan atau membutuhkan bantuan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment