Ikan Molly


PERAWATAN BENIH 

1) Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4 ~ 5 hari anakikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.
2) Setelah mencapai ukuran medium (2 ~ 3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5 ~ 7 cm) dapat diberi makanan cuk.
3) Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll.
4) Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air.
5) Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampaikotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapatdibersihkan setiap 2 ~ 3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuangpada waktu penyiphonan sebanyak 10 ~20% dapat diganti dengan air yang baru. 

NB: Anak ikan Molly juga bisa diberi pelet yang sudah ditumbuk, dan jangan lupa untuk memisahkan antara Induk dan Anaknya, jaga-jaga supaya tidak dimakan.

Cara melahirkan anak Molly:
1. Cari Betina Molly yang perutnya sudah besar sekali. ( kadang perut besar tetapi belum tentu dapat melahirkan ).
2. Satukan antara Betina dan Jantan dalam 1 tempat. ( Bisa juga tanpa pejantan, tapi akan lebih lama karena Betina harus mengeluarkannya sendiri ).
3.Tunggu beberapa selama proses PDKT.
4. Kemungkinan berhasil melahirkan hampir 90% dan jarang banyak anaknya yang mati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment